Scrubber Laboratorium Kimia

 

Scrubber laboratorium kimia merupakan jenis variasi alat yang dipergunakan sebagai pemisah partikel-partikel solid dari gas atau udara dengan bantuan cairan. Cairan untuk scrubbing paling sering menggunakan air. Walaupun masih ada cairan lain selain air yang bisa digunakan untuk scrubbing seperti asam sulfat. Hal ini wajib untuk Anda ketahui jika ingin menggunakan scrubber ini.

Bisa dibilang proses scrubbing merupakan suatu peralatan guna memisahkan zat cair dan padat dari suatu gas. Fungsinya untuk mengurangi polutan di udara dari hasil pembuangan gas industri. Scrubber untuk laboratorium juga memiliki fungsi yang sama yaitu memisahkan zat padat atau cair dari gas untuk keperluan uji coba atau penelitian tertentu.

Scrubber kini dapat dijumpai diberbagai sektor, scrubber laboratorium kimia cukup populer sampai ke rumah-rumah warga. Karena banyak yang menjualnya secara bebas di pasaran. Namun tidak semua scrubber sama, ada beragam jenis dan metode penggunaan tergantung kebutuhan seseorang. Ada yang untuk penelitian, membersihkan polutan, atau untuk uji coba bahan tertentu.

Beragam Jenis Scrubber Kimia

Ada banyak terdapat jenis scrubber kimia dan yang paling umum dan sering digunakan adalah scrubber penghasil partikel berdiameter 5µ. Jenis dari scrubber ada empat, yaitu packed scrubber, cyclone scrubber, yenturi scrubber dan wet scrubber. Mulai dari wet scrubber merupakan scrubber yang memiliki kemampuan mengurangi pollutan di udara.

Cara kerja scrubber laboratorium kimia jenis wet scrubber yaitu dengan mengurangi emisi debu dan juga emisi pencemar dari gas buang untuk sekali proses. Chamber scrubber mempunyai pencuci udara yang konvensional. Alat ini mampu mengalirkan gas sampai ke tempat semprot dengan arah berlawanan atau bisa juga sejalan sesuai dengan kebutuhan.

Dalam proses pendinginan pada gas terjadi saat gas melewati tangi silinder penyemprot bagian atas. Guna memisahkan produk gas dan cair, sedangkan saluran tempat keluarnya ada alat pembalik gas serta chambel pada saluran outlet. Sehingga pemisahan zat akan lebih mudah dilakukan dengan hasil yang lebih baik.

Mengenal Cyclone Scrubber dan Packed Scrubber

Jenis scrubber laboratorium kimia, cyclone scrubber merupakan alat yang pada umumnya terletak pada scrubber pengguna metode siklon. Pada bagian tengah alat ini terdapat beragam penyemprot cairan, kemudian pemisahan cairan terdapat pada proses disintegrator atau penghancur untuk mengalirkan  gas lewat saluran tertentu.

Dan keempat, ada packed scrubber yang mempunyai menara dari keramik. Walaupun begitu jenis scrubber ini kurang efektif untuk partikel tertentu. namun jika flokulasi dari debu akibat kondensasi maka bisa saja berjalan semestinya. Alat ini berfungsi sebagai alat penjaga debu agar tidak berubah atau berpindah tempat.

Berbagai jenis scrubber memiliki cara kerja masing-masing dengan berbagai keunggulan tertentu. penggunaan scrubber dapat membuat banyak manfaat bagi kehidupan. Kecuali pada bidang industri scrubber laboratorium kimia yang digunakan lebih tinggi tidak sekedar scrubber saja. Karena tidak hanya zat pollutan yang dipisahkan tetapi juga bau, racun dan zat berbahaya.

Ada lagi scrubber namanya scrubber nozzle, fungsi dasar scrubber ini sebagai penghilang air dari gas tertentu. karena, jika air tersebut dimasukkan pada kompressor bisa merusak sudukompresor yang memiliki percepatan tinggi perputarannya.  Berbagai macam scrubber yang ada pada intinya untuk memudahkan pekerjaan manusia dalam hal uji coba, penelitian atau hal lain.

Manfaat Scrubber Bagi Manusia

Scrubber laboratorium kimia memiliki beraneka ragam manfaat yang sama. Meskipun tiap jenis scrubber memiliki cara kerja berbeda-beda. Maka dari itu Anda harus bisa memilih scrubber dengan kualitas yang baik supaya kegiatan penelitian atau uji coba yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar. Keamanan dan kemudahan juga lebih efektif dengan menggunakan Scrubber berkualitas.

Scrubber dapat berfungsi sebagai pelindung seseorang peneliti atau pengguna dan lingkungan dari gas beracun. Penggunaan scrubber sangat aman bagi keperluan laboratorium selama digunakan sebagaimana mestinya. Kekuatan hisap dari scrubber dan penetralan yang cukup efisien dapat memudahkan berbagai uji coba laboratorium. Kualitas udara di dalam laboratorium akan tetap aman untuk digunakan peneliti.

Penggunaan scrubber laboratorium kimia juga membuat fume hood tidak mendapat korosi. Sehingga berguna cukup penting dalam menghilangkan partikel yang berbahaya bagi manusia. Scrubber yang digunakan pada laboratorium untuk uji coba dapat membuat banyak manfaat pada keamanan maupun kemudahan dalam proses pemisahan materi polutan.

Biasanya partikel solid yang dipisahkan oleh scrubber dapat dilakukan dengan baik jika menggunakan asam sulfat dari pada dengan air. Karena jika hanya menggunakan air pada bahan tertentu kurang bisa berjalan dengan baik. Walaupun sebenarnya ada juga beberapa jenis zat yang lebih baik menggunakan air dalam proses scrubbingnya.

pada dasarnya ketika melakukan pemisahan polutan dengan gas atau zat tertentu, peran scrubbing memang sangat penting. Anda harus bisa memilih scrubber dengan kualitas dan harga terbaik. Dapatkan alat ini di “PROTECHLAB INDONESIA”. Scrubber laboratorium kimia yang Anda idamkan bisa didapatkan dengan memilih produk kami.